12.29.2009

Ayo Tingkatkan Gerakan Penghijauan


Gerakan penghijauan harusnya tidak hanya dilakukan hanya selama hari-hari besar saja. Tapi dilakukan setiap saat dan terus menerus. Semakin maju bangsa Indonesia membangun seharusnya diimbangi dengan semakin mantapnya langka-langkah yang nyata untuk melestarikan sumber daya alam, lingkungan dan keanekaragaman hayati bangsa Indonbesia sendiri.

Karena sumber daya alam merupakan sumber daya umat manusia. Dan untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh manusia, kita memang harus memanfaatkan sumber daya alam, sumber daya alam akan tetap terjaga dan lestari bilaman kita juga menjaga lingkungan sekitar kita.

Memanfaatkan sumber daya alam yang baik juga harus dilakukan secara bijaksana. Demi kelangsungan dan kelastariaan sumber daya alam maka harus dicegah terjadinya kerusakan atau pencemaran lingkungan. DEngan begitu melaksanakan pembangunan harus selalu berwawasan lingkungan. Usaha memanfaatkan sumber daya alam harus diimbangi dengan usaha pelestariannya. Bila tidak maka kerugfian dan bencana alam akan muncul.

Contohnya, penebangan hutan yang tidak terkendali atau pengalihan kawasan hutan untk berbagai kepentingan, yang nantinya akan menimbulkan banjir. Ini sangat merugikan karena merusak rumah tinggal dan bangunan, areal persawahan dan tak ayal korban jiwa juga akan ada.

Banjir dalam jangka panjang dapat menyebabkan pendangkalan sungai. Padahal sungai merupakan sumber air, termasuk untuk daerah pertanian. Pengaruh lebih jauh sebagai akibat kerusakan hutan kita, maka dapt berpengaruh terhadap kehidupan umat manusia. Seperti yang kita ketahui bahwa kawasan hutan tropis Indonesia merupakan kawasan kedua terbesar di dunia setelah hutan Amazon di Amerika Latin, merupakan paru-paru kehidupan bagi bangsa Indonesia dan seluruh umat manusia.

No comments:

Post a Comment