1.06.2010

Pentingnya Air Tawar Bagi Kita

Air sangat vital bagi berlangsungnya kehidupan manusia, namun kita kadang-kadang sering menyepelekan, dengan membuang-buang air, padahal kita sering lupa bahwa suatu ketika persediaan air bukannya tidak mungkin akan habis. Apalagi bila sumber air dan ekosistem yang menunjang tersedianya air tidak dijaga dengan baik.

Air tawar yang telah menjadi habitat berbagai macam jenis tumbuhan dan binatang, juga untuk makanan, pakaian, bangunan, obat-obatan dll menandakan kita tidak bisa lepas dari jasa iar tsb.

Selain itu sistem air tawar juga menjadi tempat pengontrolan serangga dan ilalang, di samping sebangai saran rekreasi. Beraneka ragam sumber daya hayati yang hidup di lingkungan air tawar membantu ekosistem menjalankan fungsi dan memberikan jasa-jasa tsb.

Namun kini seperti yang kita ketahui selain ekosistem lain, lingkungan air tawra kini mengalami kerusakan parah. Dari perusakan fisik akibat pengerukan untuk pembangunan, kerusakan habitat, penurunan tingkat air, eksploitasi berlebihan, pencemaran, hingga pengenalan spesies bukan asli (non-native). Semuanya secara langsung maupun tidak langsung mengakibatkan penurunan jumlah dan ragam spesies yang ada di ekosistem air tawar. Amati sungai yang ada di sekitar kita, bandingkan kondisinya 5-10 tahun yang lalu. Bukan hanya warna pekat, biasanya juga liar sungainya berbau dan berbusa.





No comments:

Post a Comment